Mekanisme Pengaduan

Fitur Pengaduan memuat laman pengaduan di Kementerian dan/atau Lembaga Negara terkait yang mempunyai kewenangan untuk menangani 9 (sembilan) sektor prioritas. Jika Anda ingin menyampaikan pengaduan, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Mekanisme Pengaduan Konsumen

Pengaduan konsumen dapat dilakukan dengan cara klik logo Kementerian dan/atau Lembaga Negara yang berada di laman Pengaduan dengan kewenangan masing-masing sebagai berikut:

  1. Kementerian Perdagangan menangani pengaduan untuk sektor barang elektronik, telematika dan kendaraan bermotor, serta transaksi perdagangan melalui sistem elektronik (e-commerce);
  2. Badan Pengawas Obat dan Makanan menangani pengaduan untuk sektor obat, kosmetika, suplemen kesehatan, obat tradisional, pangan olahan dan bahan berbahaya;
  3. Bank Indonesia menangani pengaduan untuk sektor transaksi sistem pembayaran;
  4. Otoritas Jasa Keuangan menangani pengaduan untuk sektor jasa keuangan meliputi asuransi dan lembaga pembiayaan;
  5. Kementerian Perhubungan menangani pengaduan untuk sektor jasa transportasi;
  6. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menangani pengaduan untuk sektor ketenagalistrikan, bahan bakar minyak dan gas rumah tangga;
  7. Kementerian Komunikasi dan Informatika menangani pengaduan untuk sektor jasa telekomunikasi meliputi jasa teleponi dasar dan jasa akses internet, serta transaksi perdagangan melalui sistem elektronik (e-commerce);
  8. Kementerian Kesehatan menangani pengaduan untuk sektor jasa layanan kesehatan;
  9. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menangani pengaduan untuk sektor perumahan rakyat; dan
  10. Kementerian Perindustrian menangani pengaduan untuk sektor barang elektronik, telematika dan kendaraan bermotor.

Pengaduan